Tingkatkan Mutu Pendidikan, SD Islam Darunnajah 8 Gelar In House Training Bersama Wakil Rektor II Universitas Darunnajah
Bogor – Dalam upaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, SD Islam Darunnajah 8 mengadakan kegiatan In House Training (IHT) awal tahun ini. pada, 4 Januari 2025. Acara ini menghadirkan Wakil Rektor II Universitas Darunnajah, Ustaz Samiyono, M.Pd., sebagai narasumber utama. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada seluruh tenaga pendidik di SD Islam Darunnajah 8 dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran.
Mengusung tema “Menguatkan Profesionalisme Guru untuk Pendidikan yang Berkualitas”, In House Training ini dirancang untuk menjawab tantangan dunia pendidikan di era modern. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Nurnaningsih, M.Kom. dalam sambutan nya menyampaikan bahwa pendidikan yang berkualitas berawal dari guru yang profesional dan berkompeten. “Guru bukan hanya menjadi pengajar, tetapi juga pembimbing dan inspirator bagi siswa. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas guru menjadi prioritas utama,” ujarnya.
Tujuan utama dari kegiatan ini adalah:
Meningkatkan pemahaman guru tentang metode pembelajaran inovatif.
Membangun kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran.
Meningkatkan motivasi guru untuk terus belajar dan berkembang.
Memperkuat kerja sama dan sinergi antar tenaga pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Dalam sesi pertama, Ustaz Samiyono, M.Pd., membawakan materi tentang “Strategi Pembelajaran Efektif di Era Digital”. Beliau menekankan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran, khususnya dengan memanfaatkan teknologi. “Guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar pembelajaran tetap relevan dan menarik bagi siswa,” jelasnya. Selain itu, beliau juga membagikan tips dan trik dalam merancang lesson plan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Materi yang dibahas meliputi:
Pentingnya pembelajaran berbasis digital di era modern.
Teknik menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan.
Penggunaan media digital seperti video pembelajaran, aplikasi edukasi, dan platform e-learning.
Evaluasi pembelajaran berbasis teknologi untuk memastikan keberhasilan proses belajar mengajar.
Sesi kedua diisi dengan workshop interaktif di mana para guru diajak untuk mempraktikkan langsung cara menyusun strategi pembelajaran berbasis digital. Workshop ini dipandu oleh tim pelatih dari Universitas Darunnajah yang berpengalaman dalam pendidikan berbasis teknologi. Para peserta diberikan simulasi untuk membuat lesson plan berbasis digital dan mempresentasikannya di depan rekan sejawat untuk mendapatkan umpan balik konstruktif.
Sebanyak 30 guru yang terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Mereka mengaku sangat terbantu dengan materi yang diberikan. “Acara ini sangat membuka wawasan kami sebagai pendidik. Kami menjadi lebih percaya diri untuk mencoba hal-hal baru dalam pengajaran,” kata Ustaz Arif, salah satu peserta IHT.
Ustazah Siti Rahmawati, salah satu guru senior, juga menambahkan, “Selama ini kami merasa kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Namun, melalui pelatihan ini, kami mendapat banyak ide dan solusi yang bisa langsung diterapkan.
SD Islam Darunnajah 8 berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Tidak hanya berhenti di sini, sekolah juga berencana untuk mengadakan program pengembangan lainnya secara berkala. “Kami berkomitmen untuk menjadikan SD Islam Darunnajah 8 sebagai sekolah yang unggul, tidak hanya dalam prestasi akademik tetapi juga dalam pembentukan karakter siswa,” ujar Nurnaningsih, M.Kom menutup acara.
Rencana pengembangan di masa mendatang meliputi:
Pelatihan lanjutan untuk pendalaman materi yang telah diberikan.
Penerapan program mentoring antar guru untuk saling berbagi pengalaman.
Pengadaan fasilitas teknologi yang lebih memadai seperti perangkat smart classroom dan akses internet berkecepatan tinggi.
Kerja sama dengan institusi pendidikan lain untuk program pertukaran guru.
Dengan terlaksananya In House Training ini, diharapkan guru-guru SD Islam Darunnajah 8 dapat semakin termotivasi untuk terus belajar dan berkembang. Pada akhirnya, kualitas pendidikan yang unggul akan menjadi kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa. SD Islam Darunnajah 8 optimis dapat menjadi pionir dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi, menjawab kebutuhan zaman, dan mempersiapkan generasi yang unggul dan berakhlak mulia.